Home / Berita / Wisata Halal Banyuwangi Tidak Hanya Untuk Masyarakat Muslim Saja

Wisata Halal Banyuwangi Tidak Hanya Untuk Masyarakat Muslim Saja

Gambar Ilustrasi

Market perempuan, ibu-ibu dan keluarga adalah salah satu market utama. Hal ini lah yang menjadi perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Rencana untuk mengembangakan industri pariwisata halal menjadi perhatian khusus di Pulau Santen. Terkait potensi wisata halal ini, Bupati Banyuwangi yakin industri pariwisata Banyuwangi justru akan semakin di gemari. Karena memiliki konsep dengan keunikan serta mengangkat kearifan lokal dimana masyarakat Indonesia mayoritas Muslim. Tidak hanya market domestik di harapkan Banyuwangi akan menjadi destinasi penting bagi wisatawan luar negeri.

Baca Juga :

Market menengah Muslim akan menjadi perhatian khusus dalam konsep ini, karena sebagian besar masyarakat muslim kelas menengah senantiasa berliburan bersama keluarga atau rombongan. Hal ini akan meningkatkan perhatian orang tua ketika harus membawa anggota keluarga yang masih dibawah umur.

Namun ditegaskan oleh Pemerintah Kab Banyuwangi, wisata halal ini tidak semata mata di tujukan kepada wisatawan Muslim saja. Semua kalangan agama boleh datang dan tidak terikat dari aliran mana saja. Koridor yang akan di batasi dalam Wisata Halal ini adalah sebagai berikut ini.

Fasilitas Ibadah, sebagai fasilitas penting serta peningkatan pelayanan tempat ibadah yang layak di lokasi wisata, sehingga memudahkan para pengujung dan menciptakan suasan nyaman dalam beribadah saat liburan.

Jaminan Kuliner, aturan makanan halal akan diterapkan untuk memberikan rasa nyaman bagi pengunjung yang beragama muslim.

Pemisahan Laki Laki dan Perempuan, belum banyak lokasi wisata di Indonesia yang memisahkan dan memiliki konsep seperti ini. Justru konsep ini akan memberikan pengalaman baru dan menjaga norma norma dari tidak asusila yang sering tejadi di ruang publik dari lokasi wisata.

Ditegaskan kembali, bawah Wisata Halal ini hanya mengenai strategi pemasaran dan segmentasi pasar. Koridor ini lah yang menjadi acuan penetapan aturan di lokasi wisata halal di Banyuwangi.

Baca Travel Story Lainnya :

Lokasi yang akan di jadikan contoh wisata halal Banyuwangi ini adalah Pulau Santen yang berada di Kelurahan Karangharjo, kurang lebih 2,5 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi.

Dahulunya Pulau Santen ini adalah lokasi yang kumuh dan dekat tempat mesum, namun saat ini sudah ditertibkan seiring dengan penataan kembali Pulau Santen. Wisata Halal sangat berpotensi seiring dengan adanya ‘World Halal Tourism Summit’ membuat banyak lokasi beralih menggunakan konsep Wisata Halal . Dengan potensi market sebesar 1,6 Jiwa wisatawan Muslim di dunia di perkirakan akan menghasilkan potensi sehingga USD 234 Milliar hingga tahun 2019 mendatang.

Hal ini juga menjadi prioritas kerjasama antara Indonesia dengan Arab Saudi yang baru saja membuat kerjasama di bidang Wisata Halal (Baca : 5 Poin Kerjasama Pariwisata Antara Indonesia Dan Arab Saudi)

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

 

Bergabunglah dengan memberlist kami, untuk mendapatkan informasi travelling terupdate dan ulasan travelling langsung ke email anda

Terimakasih telah mendaftar melalui newsletter kami

About Narita Kumala Sari

monsterid
Negara menjamin kebebasan warga negara nya untuk travelling. Jadi travelling lah sebelum travelling itu di larang. Kalau bisa travelling sekarang kenapa harus nanti. Writer | Traveller | Kuliner | Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *