Home / Wisata Negeri / Wisata Alam / Pesona Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul Jogja

Pesona Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul Jogja

air-terjun-sri-gethuk-gunung-kidul-jogja

Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul Jogja – Jogja merupakan salah satu kota yang menjadi tempat tujuan utama para wisatawan datang untuk berlibur. Keindahan kota Jogja mampu menarik perhatian banyak masyarakat, kota yang masih sangat kental dengan budaya Jawa nya ini memiliki banyak tempat wisata salah satunya yaitu Air Terjun Sri Gethuk yang berada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Air terjun ini memiliki kemiripan dengan destinasi wisata yang ada di Amerika Serikat yaitu Grand Canyon Arizona.

Banyak potensi alam yang terdapat di Gunungkidul seperti pantai, dan aliran sungai yang membelah tebing-tebing tinggi atau air terjun. Uniknya, air terjun sri gethuk ini tak pernah mengenal musim, meskipun berada dalam musim kemarau panjang tetapi air terjun sri gethuk ini tak pernah berhenti untuk mengalir. Bagi anda yang tengah berwisata ke kota Yogyakarta sangat disayangkan jika anda tidak coba untuk mendatangi tempat ini.

Untuk menuju lokasi anda dapat menggunakan kendaraan dan melintasi hutan kayu putih milik perhutani dan tak lama kemudian anda akan sampai ketempat wisata tersebut. Ketika musim liburan tiba seperti hari raya tempat ini selalu ramai pengunjung hanya untuk sekedar berfoto-foto maupun menikmati sejuknya udara disekitar air terjun sri gethuk ini. Disepanjang aliran sungai tedapat perdu dan belukar yang begitu hijau alami yang dapat anda lihat disisi kanan dan kiri sungai.

Air Terjun Sri Gethuk

Suara rakit yang berirama serta jernihnya air terjun tentunya akan menentramkan jiwa, bagi anda yang tengah stres dengan pekerjaan atau masalah lain cobalah datang ketempat ini untuk merefresh kembali pikiran anda supaya lebih segar. Air Terjun Sri Gethuk beralamatkan di Desa Bleberan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di Air terjun ini juga terdapat mitos dimana dulunya tempat ini merupakan lokasi penyimpanan Kethuk. Kethuk merupakan alat musik gamelan yang dimiliki oleh mahluk halus yaitu Jin Anggo Meduro dan inilah asal muasal mengapa air terjun ini dinamakan air terjun sri gethuk. Dan jika tengah beruntung, dari air tejun ini anda juga dapat melihat pesona keindahan pelangi selepas hujan sehingga seakan membawa anda kedalam kisah dongeng bidadari berselendang pelangi.

Rute Perjalanana Ke Air Terjun Sri Gethuk

Bagi anda yang belum pernah datang ketempat ini, kami berikan informasi untuk rute perjalanan dari pusat kota Yogyakarta yaitu silahkan anda ambil arah jurusan wonosari hingga pertigaan Gading dan dipertigaan tersebut anda akan menjumpai papan petunjuk arah. Ikuti arah tersebut hingga tiba didaerah Playen dan jika sudah sampai didaerah Playen anda akan menjumpai banyak papan petunjuk yang mengarah ke tempat air terjun ini. Namun sebaiknya anda gunakan jalur on-road saja mengingat jalur off-road yang cukup buruk dan banyak bebatuan sehingga sangat berbahaya jika dilewati kendaraan.

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

 

Bergabunglah dengan memberlist kami, untuk mendapatkan informasi travelling terupdate dan ulasan travelling langsung ke email anda

Terimakasih telah mendaftar melalui newsletter kami

About Narita Kumala Sari

monsterid
Negara menjamin kebebasan warga negara nya untuk travelling. Jadi travelling lah sebelum travelling itu di larang. Kalau bisa travelling sekarang kenapa harus nanti. Writer | Traveller | Kuliner | Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *