Home / Berita / Sindang Barang Rekomendasi Wisata Budaya

Sindang Barang Rekomendasi Wisata Budaya

Kampung-Budaya-Sindang-barang-bogor

Kampung Sindang Barang terletak di Bogor, adalah salah satu destinasi wisata budaya yang menarik untuk di kunjungi dan di pelajari. Di Kampung Sindang Barang kita bisa mengenal kearifan lokal budaya daerah sunda di Bogor.

Berlokasi di Desa Pasir Eurih, Kec Tamansari Kab Bogor, Anda bisa menikmati uniknya kampung budaya Sindang Barang. Bila anda mencoba untuk mendatangi lokasi ini, kira-kira sekitar 5 kilometer dari pusat kota Bogor. Untuk mengakses Kampung Sindang Barang, kita harus menelusuri jalan setapak berbatu agak menanjak dan wilayah Kampung Sindang Barang ini memiliki luas sekitar 8.600 m2.

Kampung Budaya Sindang Barang ini terlihat indah di ujung jalan, beberapa warga lokal termasuk ibu ibu biasa myambut dengan bermain angklung. Terdapat enam lumbung padi dengan gaya traisional yang berdiri tegak dari salah satu sudut kampung.

Keunikan Kampung Sindang Barang Bagor

kampung-sindang-barang

Keunikan lokasi ini terpancar karena adanya banyak bangunan khas Sunda. Seperti Rumah Pesanggrahan yang biasa di gunakakn untuk lokasi menginap tamu keraton. Adalagi Imah Gede atau sejenis rumah adat setempat, Rumah Penasehat Raja atau yang biasa disebut Girang Serat, ada lagi Balai Riungan atau tempat untuk lokasi berkumpul warga setempat.

Sindang Barang

Sengaja kampung budaya Sindang Barang ini di jaga dengan baik untuk melestasrikan kebudayaan setempat,  termasuk untuk tujuan wisata lokal maupun mancanegara, dan menjadi ikon bagi Kota Bogor, karena Kampung Sindang Barang ini adalah kampung tertua di Bogor. Kampung ini sudah ada sejak beberapa abad lalu, demi menjadi kearifan lokal, maka Kampung Sindang Barang ini di pertahankan dan di revitalisasi kembali agar lebih menarik di tahun 2006 dan mulai direesmikan tahun 2007 oleh pemerintah setempat. Menurut penuturan dari penganggung jawab keamanan adat dan sejarah yang juga penduduk setempat.

Di Kampung Sindang Barang ini pengunjung juga bisa mempelajari kesenian daerah, seperti belajar menari jaipong atau memainkan alat musik daerah. Hampir setiap hari pengunjung bisa mengunjungi atau mempelajari kegiatan tersebut. Anda bisa datang di hari sabtu agar bisa menjelajah temapt ini  dan bisa menikmati pengalaman menarik seputar buadaya lokal Kampung Sindang Barang. Ongkos nya juga tidak terlalu tinggi hanya Rp 100 ribu seharian untuk 8 kegiatan. Untuk melihat lihat tidak dipungut biaya.

pertunjukan-tari-dan-budaya-di-Sindangbarang

Adapun beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Kampung Sindang Barang ini adalah belajar menari jaipong, menjelajah kampung sekitas, menangkap ikan, menumbuk padi, tour guide, permainan tradisional, belajar alat musik tradisional seperti angklung, adalah kegiatan menarik untuk wisatawan di kampung Budaya Sindang Barang Bogor.

Lokasi Kampung Sidang Barang

Lokasi kampung wisata budaya Sindang Barang berada di Jl. Endang Sumawijaya, RT. 02 / RW. 08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Pasireurih, Bogor, Jawa Barat 16631

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

 

Bergabunglah dengan memberlist kami, untuk mendapatkan informasi travelling terupdate dan ulasan travelling langsung ke email anda

Terimakasih telah mendaftar melalui newsletter kami

About Tiyo Avianto

monsterid
Kerja | Jalan - Jalan | Networking. Satu rangkaian yang tak terpisahkan. Yang awalnya gak suka travelling akhirnya demen dan doyan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *