Home / Berita / Jalur Gunung Butak Lewat Panderman

Jalur Gunung Butak Lewat Panderman

Gunung Butak via Panderman

Jalur Pendakian Gunung Butak via Panderman merupakan alternatif pilihan jalur pendakian ke Gunung Butak, meskipun Gunung Butak tidak terlalu eksis seperti gunung yang sudah eksis di Jawa Timur. Gunung Butak memiliki panorama alam yang menarik karena di kelilingi kota kota besar di Jawa Timur seperti Blitar, Malang dan Surabaya. Karena kawasan hutan yang masih asri, alami, jalur pendakian yang menantang dan pemandangan alam yang sejuk.

Gunung Butak memiliki ketinggian sekitar 2.868 mdpl, dan termasuk salah satu dari barisan gunung tertinggi di Jawa Timur. Jarak tempu untuk sampai ke puncak Gunung Butak sekitar 8-10 jam tentunya tergantung dengan kondisi dan cuaca yang sedang terjadi. Sedangkan suhu rata rata di puncak sekitar 7-10 derajat celcius.

Jalur Pendakian Gunung Butak via Panderman

jalur pendakian gunung butak via panderman

Gunung Butak terkenal dengan kondisi trek nya yang terjal. Kita bisa melakukan pendakian melali jalur Panderman, di Kota Batu. Sebaiknya bila anda memulai perjalanan dari Kota Malang berangkatlah jam 10 malam, lebih baik bermalam terlebih dahulu di beberapa lokasi di lereng Gunung Panderman, lebih baik bila anda memiliki rekan atau saudara, agar kondisi anda fit untuk mendaki di pagi hari.

Anda bisa memulai perjalanan dari alun alun Kota Batu, start poin ini cukup mudah dengan mengandalkan GPS atau bertanya kepada masyarakat sekitar Malang, dan Batu. Dari alun alun Kota Batu yang berhadapan dengan Masjid Annur, lurus saja sampai trafik light pertama, belok kiri lurus hingga bertemu dengan jalan pertigaan, dari situ anda akan menemukan Garupa besar dengan tulisanPanderman. Ikuti jalan dan rambu penunjuk arah.

Di area parkiran akan melewati pos pendaftaran atau tempat parkiran motor dengan biaya sekitar Rp 5.000 / malam. Kemudian dilanjutkan menuju pos pendaftaran dengan melewati jalan aspal menanjak di Desa Seruk. Biaya Tiket masuk sekitar Rp 7.000 per orang. Tiket itu termasuk pendakian ke Gunung Panderman atau ke Gunung Butak.

Tips : Bawa perbekalan sebaik mungkin mengantisipasi berbagai macam kemungkinan.

Alternatif Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong

Piihan jalur pendakian lain selain jalur pendakian gunung Butak via panderman, anda bisa mengambil jalur Sirah Kencong. Karena Gunung Butak bersebelahan dengan Gunung Jawi, setidakanya ada 4 alternatif jalur pendakian ke Gunung Butak :

  1. Dari Panderman, Batu – Malang
  2. Jalur desa wonosari, Kepanjen – Malang
  3. Jalur desa Semen – Blitar (Sirah Kencong)
  4. Jalur desa Gadingkulon – Dau – Malang.

Jalur pendakian melalui Sirah Kencong merupakan jalur pendek yang kondisi medan nya cukup terjal, bila anda melalui jalur Sirah Kencong maka anda bisa bertemu dengan pemandangan kebun teh yang menarik, dan sangat sejuk bila di pagi hari. Perlu di perhatikan juga, dari Jalur Sirah Kencong, ada 2 alternatif jalur. diantaranya :

  • Dari Blitar – Pasar Semen : Dari pasar semen belok kanan dan ikut petunjuk arah hingga ke jalur Sirah Kencong
  • Dari Wlingi – Tegalsari : Dari pertiggan kawedanan Wlingi belok kiri dan terus lurus saja. Setelah menemukan SD Ngadirenggo 2 lurus sampai pertgaan, ambil jalur kanan. Lewati rute perkebunan pijijombo, pabrik Susu. Lanjutkan ke jalur kanan hingga sampai di Sirah Kencong.

Bagaimana, tertarik untuk mendaki Gunung Butak?

About ikrar

monsterid
Senang keliling di area kota yang banyak lampu. Dan menikmat musik slow rock meskipun terkesan jadul. Terbiasa dengan keramaian sehingga kurang suka sama hal hal terkesan sepi dan jauh dari pemukiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *