Home / Travel Tips / Daftar Pantai Gunung Kidul Yang Perlu Di Kunjungi

Daftar Pantai Gunung Kidul Yang Perlu Di Kunjungi

Daftar Pantai Gunung Kidul tercatat hampir sekitar 60-70 lokasi. Dari sekian banyak daftar pantai yang berada di wilayah Gunung Kidul Yogyakarta tentu memiliki keindahan dan panorama alam yang sudah tidak di ragukan lagi.

Berlibur ke wilayah Kota Jogja terasa tidak asing di telinga kita lokasi loakasi seperti Mailiboro, Prambanan, Kraton dan tempat tempat menarik lainnya, namun di sisi selatan, tak ketinggalan wisata pantai di area Gunung Kidul menjadi daya tarik tersendiri.

Sebagian orang hanya mengetahui Parangtritis saja, padahal tercatat puluhan Pantai yang berada di Gunung Kidul. Menjelajah pantai pantai indah di kabupaten Gunung Kidul akan membuat pengalaman baru buat anda, terutama yang menginginkan wisata bersama keluar.

10 Pantai di Gunung Kidul Yang Wajib Di Kunjungi

Berikut ini adalah 10 Daftar Pantai Gunung Kidul yang cocok untuk dijadikan destiansi wisata di area Gunung Kidul dan Jogja.

1 .Pantai Baron

Pantai-Baron-gunung-kidul

Keunikan tersendiri dari Pantai Baron ini adalah adanya sungai air tawar bawah tanah dimana air tersebut mengalir menuju ke laut. Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari.

Anda bisa mengunjungi tempat pelelangan ikan yang telah di sediakan, wahana permainan untuk anak anak, sehingga berlayar denga kapal motor untuk mengelilingi pantai. Biasanya masyarakan sekitar melakukan upacara sedekah laut yang dilakukan pada tanggal satu suro.

2. Pantai Krakal

Pantai Krakal memiliki pemandangan alam yang menarik dengan laut birunya. Di beberapa bagian pantai terdapat batu batu karang. Pantai Krakal ini berada di wilayah kecamatan Tanjungsari.

Pantai ini cocok untuk berselancar karena ombak nya yang tidak terlalu besar. Dan beberapa faslitias seperti penginapan, restoran dan kebutuhan berlibur lainnya banyak tersedia di pantai ini.

3. Pantai Sundak

pantai-sundak-gunung-kidul

Pantai Sundak adalah kependekan dari Asu (anjing) dan Landak. Nama ini di ambil dari cerita masyarakat sekitar tahun 1976 tepatnya di daerah Desa Sidoharjo Kecamatan Tepus. Awalnya dikisahkan ada se ekor anjing yang bermain main di sebuah goa dimana ketika itu anjing tersebut menemukan se ekor landak. Karena dalam kondisi lapar akhirnya anjing ini terpaksa memakan landak tersebut.

Dengan perkelahian panjang akhirnya anjing ini berhasil memakan landak tersebut. Setelah di temukan sang pemilik anjing, yang berada di goa tersebut dengan beberapa bagian tubuh dari landak, maka Pantai ini di namakan Sundak, yang dahulu pantai ini di namakan Wedibelah.

4. Pantai Kukup

pantai-kukup-gunung-kidul

Tidak jauh dari Pantai Baron dan Pantai Krakal, Pantai Kukup masih di area wilayah Kecamatan Tanjungsari. Masyarakat sekitar biasa menyebut dengan trio pantai, karena lokasi pantai ini yang berdekatan. Sebutan ini trio pantai ini ditujukan kepada Pantai Baron, Kukup dan Krakal. Dan ketiga tempat sama sama ramai di kunjungi wisatawan ketika musim liburan.

Pasir yang lembut membuat perbedaan dari ketiga pantai ini. Hal unik lainya adalah sebuah batu karang besar yang ada di bibir pantai.

5. Pantai Ngobaran

pantai-ngobaran-gunungkidul-yogyakarta

Pasir putih dan birunya air lau di Pantai Ngobaran menyajikan pesana alam yang luar biasa tak tergantikan. Menariknya di Pantai Ngobaran ini adalah adanya 4 lokasi tempat ibadah dalam satu lokasi.

Konon tempat ini dibagun oleh untuk menyambut Brawijaya V salah satu keturunan raja majapahit. Di pantai ini terdapat sebuah pura dan masjid sederhana yang menghadap selatan.

6. Pantai Siung

Pantai Siung belum banyak di lirik oleh banyak orang. Daya tarik Pantai ini adalah adanya air terjun di sisi tebing bibir pantai. Namun sangat disarankan karena lokasi ini agak sedikit licin.

Dari pantai, kalian bisa meinkmati pemandangan indah dan mandi di air terjun dekat tebing. Pasti pengalaman yang tak bisa dilupakan.

7. Pantai Sepanjang

pantai-sepanjang-gunung-kidul

Berada di wilayah desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari nama Pantai Sepanjang diberi naman karena garis pantai ini paling panjang di antara pantai lainnya yang ada di wilayah Gunung Kidul. Pantai in imasih terbilang sepi karena baru dibuka dan belum banyak wisatawan datang ke pantai ini.

Selain itu masih belum banyak bangunan permanen sebagai fasilitas penting bagi wisatawan, untuk datang ke lokasi ini anda perlu membawa perbekalan yang cukup.

8. Pantai Drini

pantai drini gunung kidul

Berlokasi di kecamatan Tanjungsari, Pantai Drini memiliki ciri kahas adanya sebuah pulau kecil yang membelah menjadi dua bagian, yaitu bagian barat dan bagian timur. Beberapa masyarakat menuturkan bahwa, di lokasi in ibanyak tumbuh santigi dimana masyarakat menyebutnya Drini. Yang lambat laut pantai ini di beri nama Pantai Drini.

9. Pantai Sadranan

pantai-sadranan-gunungkidul-jogja

Dari kota Jogja anda perlu 2 jam untuk menempuh perjalanan ke Pantai Sadranan. Pantai in imasih cukup sepi dari pengunjung pasir putih dan air pantai yang biru dan bersih menjadi keindahan dari pantai ini. Pantai ini sangat cocok untuk berjemur dan berenang.

10. Pantai Jogan

Air-Terjun-di-Pantai-Jogan-Gunung-Kidul

Berada di sebelah barat Pantai Siung, Pantai Jogan ini bisa ditemukan. Spot menarik ini belum banyak di eksplore banyak orang. Padahal pengalaman tak terlupan bisa kalian dapatkan di Pantai ini.

Dibibir pantai terdapat air terjun yang air nya menuju ke pantai. Di tebing ini spot paling manarik buat kalian berfoto ria, namun kondisi batu yang licin menharuskan kalian untuk berhati hati.

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

 

Bergabunglah dengan memberlist kami, untuk mendapatkan informasi travelling terupdate dan ulasan travelling langsung ke email anda

Terimakasih telah mendaftar melalui newsletter kami

About Ranu Perdana

monsterid
Bocah kemarin sore yang hobi naik kuda. Belajar Memanah | Camping | serta mengikuti aturan perundang undangan negara dalam menjalan kegiatan traveling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *