Home / Event / 10.000 Penari akan Pentas Tari Saman di Gayo Lues Aceh

10.000 Penari akan Pentas Tari Saman di Gayo Lues Aceh

Tari Saman di Gayo Lues Aceh 2017

Tepatnya 10.001 penari akan menyuguhkan pentas yang berbeda dari Tari Saman pada umumnya. Event ini akan di gelar di Kabupaten Gayo Lues, Aceh sekitar pertengahan Maret kedepan. Event ini adalah acara kedua yang telah dilakukan tahun lalu, sebagai wujud pelestarian budaya bangsa.

Setidaknya 10.001 penari akan membawakan tari saman secara bersama sama sebgai upaya promosi wisata budaya di Aceh termasuk mempertahan budaya dan nilai luhur dari kearifan lokal. Acara ini telah di promosikan langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Pahlevi.

dari 10.001 penari saman ini berasal dari perwakilan masyarakat dari seluruh kecamatan dan area di sekitar Kambupaten Gayo Lues.

Tari saman yang telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO merupakan kesenian asli yang sudah mendarah daging di masyarakat baik tua maupun muda.

Acara pentas 10.001 penari ini akan di adakan di Stadion Kota Blang Kejeran, tahun lalu acara ini di ikuti oleh 5.000 orang, tahun in ipasti akan jauh lebih semarak lagi.

“5.000 orang itu memang sudah terbanyak dan sekarang mereka akan membuat yang lebih besar lagi hingga 10 ribu,” Kata Reza. Tanggal penyelenggaraan 10.001 penari saman di Gayo Lues, Reza masih belum bisa dipastikan, namun informasi akan segera diumumkan karena masih menunggu Pemilihan Kepala Daerah.

“Tanggal event akan saya konfimasi lagi ke panitianya. Buat saja pertengahan dulu,” jelas Reza.

Kabupaten Gayo Lues berlokasi sekitar 472 kilometer dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh. Sementara, dari Bandara Kualanamu, Medan, Kabupaten Gayo Lues berjarak 344 kilometer.

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

 

Bergabunglah dengan memberlist kami, untuk mendapatkan informasi travelling terupdate dan ulasan travelling langsung ke email anda

Terimakasih telah mendaftar melalui newsletter kami

About Tiyo Avianto

monsterid
Kerja | Jalan - Jalan | Networking. Satu rangkaian yang tak terpisahkan. Yang awalnya gak suka travelling akhirnya demen dan doyan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *