Home / Travel Tips / Rute Menuju ke Wisata Air Terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile Lombok

Rute Menuju ke Wisata Air Terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile Lombok

Tempat liburan di Lombok menarik yang selanjutnya adalah air terjun tiu kelep dan sendang gile yang merupakan dua air terjun dengan airnya mengalir membentuk satu aliran yang tampak sangat eksotis. Hembusan kabutnya pun memenuhi sekitar lembah serta keindahan airnya yang jatuh dari sebuah tebing bertingkat serta trek untuk bisa mencapainya seperti halnya menyusuri hutan dengan aliran sungai yang sangat sejuk, melewati goa serta jembatan unik di atas tebing akan menjadikan jiwa petualang Anda pasti lebih tertantang lagi.

Lokasi objek wisata air tejrun tiu kelep dan sendang gile

Beralokasi di sebuah desa Senaru, tepatnya di kecamatan Bayan, Lombok Utara. Senaru juga menjadi trek pendakian untuk menuju ke gunung rinjani. Daerah tersebut merupakan kawasan subur yang mana di daerah ini terdapat sebuah persawahan hijau yang telah tersusun rapi dan juga sangat indah dari puncak hingga kaki bukit.

Untuk bisa mencapai Senaru Anda bisa lewat jalur jalan pesisir barat dengan melalui kawasan objek wisata pantai senggigi dan melewati bukit malimbu kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan, sedangkan untuk jalur jalan Lendang Bajur Gunung Sari dengan melewati hutan baun pusuk sekitar 2.5 jam perjalanan.

Rute menuju air terjun tiu kelep dan sendang gile

  • Dengan melewati gerbang utama atau yang biasanya disebut sebagai jalur biasa, di sinilah Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda lalu membayar tiket masuknya, kemudian Anda akan menuruni anak tangga sekitar 15 hingga 20 menit untuk bisa mencapai sedang gile, sedangkan untuk  bisa mencapai tiu kelep ini sendiri dari air terjun pertama ada rute yang merupakan jalanan setapak memasuki sebuah hutan serta menyusuri sungai.
  • Pilihan yang berikutny adalah dengan melewati jalur irigasi, yang mana jalur tersebut lebih banyak dipergunakan oleh para wisatawan sebab jauh lebih menantang, tak terlalu menguras tenaga tanpa harus lewati anak tangga yang banyak, dan di sini Anda nantinya akan lebih merasakan keindahan pemandangan dan juga nuansa berbeda di dalam sebuah hutan yang biasanya disebut dengan soft trekking.

Keindahan objek wisata air terjun sendang gile

air-terjun-sendang-gile
source : mediajasawisata.com

Air terjun sendang gile ini adalah tujuan pertama sebab ada di tempat yang lebih rendah, yakni sekitar 600 meter dpl. Aliran air yang ada di sidini diyakini berasal dari sebuah danau segara anak gunung rinjani, yang mana airnya jatuh dari atas tebing yang bertingkat dan dipenuhi oleh tumbuhan hijau yang menempel di bagian sisi tebing dengan ketinggian kurang lebihnya sekitar 30 meter.

Keindahan air terjun tiu kelep

air-terjun-tiu-kelep
source : mutiara-travel.com

Perjalanan wisata Anda di Pulau Lombok tak akan sempurna tanpa mengunjungi air terjun yang ke 2, yakni air terjun tiu kelep yang letaknya jauh lebih tinggi dari air terjun yang pertama. Dan harus Anda tahu, bahwasannya untuk bisa menuju air terjun ke 2 ini Anda nantinya akan benar-benar membutuhkan pemandu supaya tidak tersesat. Di sinilah Anda akan dapat melihat sebuah pemandangan eksotis yang pastinya tidak akan pernah Anda temukan di wisata air terjun lainnya, sebab air terjun tiu kelep ini memang suguhkan sebuah keindahan yang luar biasa, sehingga tak heran jika tempat tersebut selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan di hampir setiap harinya.

Demikian informasi tentang rute menuju ke wisata air terjun tiu kelep dan sendang gile Lombok. Semoga bermanfaat.

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

 

Bergabunglah dengan memberlist kami, untuk mendapatkan informasi travelling terupdate dan ulasan travelling langsung ke email anda

Terimakasih telah mendaftar melalui newsletter kami

About Silvi Halimah

monsterid
Travelholic and TravelBloger. Suka sharing dan kuliner unik di lokasi lokasi wisata. SocialMedia G+ endoser yang banyak mengupas tema wisata dan traveling. Hobi menulis, technoholic akan perkembangan mobile apps dan teknologi mobile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *