Home / Wisata Negeri / Wisata Alam / Objek Wisata Pura Batu Bolong Di Pulau Lombok

Objek Wisata Pura Batu Bolong Di Pulau Lombok

objek-wisata-pura-batu-bolong-di-pulau-lombok

Lombok memang mendapatkan julukan sebagai sebuah pulau seribu masjid. Pulau seribu masjid ini walau namanya memang banyak masjidnya akan tetapi didalamnya juga masih banyak bangunan berupa pura karena memang Lombok juga memiliki masyarakat Hindu. Salah satu bangunan pura yang sangat unik berada di pantai Pura Batu Bolong. Pura ini merupakan sebuah pura megah dibangun diatas sebuah batu hitam besar yang memang ada lubang besar di tengahnya.

Terlepas dari semua sisi mitos tentang wisata Pura Batu Bolong, objek wisata yang satu ini juga punya banyak sisi menarik. Eksotisme alam yang tidak ada bandingnya menjadikan banyak orang suka berkunjung ke wisata yang satu ini. Air lautnya juga sangat jernih dan cocok untuk mandi atau berenang – renang. Anda tertarik datang kemari sobat? Langsung saja yuk kita simak dulu seperti apa sih daya tarik dan keunikan dari wisata Pura Batu Bolong yang bertengger di Pulau Lombok ini?

Daya Tarik Wisata Pura Batu Bolong Di Pulau Lombok

pura-batu-bolong-lombok

Objek wisata Pura Batu Bolong merupakan sebuah lokasi pura yang sangat strategis dan berada di Dusun Batu Bolong, kecamatan Batulayar – Lombok Barat kurang lebih sekitar 5 menit dari kawasan pusat pariwisata Pantai Senggigi atau sekitar 20 menit dari pusat kota Mataram.

Agar Anda bisa mencapai tempat ini caranya juga sangat mudah. Jika Anda menginap di hotel sekitar Senggigi nantinya Anda bisa sewa motor atau menggunakan jasa taxi akan tetapi banyak juga para traveler yang Anda temui memilih berjalan kaki untuk bisa mencapai lokasi karena memang ada banyak penginapan di sekitar kawasan wisata Pura Batu Bolong ini.

Objek wisata Pura Batu Bolong yang saat ini sangat terkenal ini namanya diambil dari bentuk batu berwarna hitam tempat pura ini dibangun. Batu besar ini bentuknya seperti bukit dengan sebuah lubang di bagian pesisir pantai. Lubang ini dulunya merupakan akses jalan bagi masyarakat sekitar untuk mencari kayu ke Hutan Senggigi dan sebelum dibangun jalan besar di kaki perbukitan yang menjadi penghubung antara kabupaten Lombok Barat dengan kabupaten Lombok Utara.

source : dilombok.com
source : dilombok.com

Jika Anda dapati air sedang surut nantinya Anda bisa melewati lubang batu yang seperti goa hanya sekitar 5 meter dan Anda juga akan bisa langsung menuju wisata Pantai Duduk. Pantai Duduk ini merupakan sebuah pantai panjang yang tak ada satupun bangunan di sekitar pantai. Mungkin hanya ada beberapa warung kecil yang buka setiap akhir pekan saja.

Kalau kita berbicara lebih jauh tentang wisata Pura Batu Bolong ini, kalau Anda perhatikan lebih dekat batunya tersusun dengan sangat khas. Diatas batu besar akan Anda temukan tumbuhan pohon kaktus yang membuatnya sangat rimbun dan turut menjadi sarang bagi beberapa jenis burung. Suara debur ombak yang menghantam batu bersama kicauan burung yang tercampur dengan laras juga akan menyapa Anda. Tempat ini sungguh menjadi spot yang indah juga untuk menikmati suasana sunset dan sunrise yang sangat menawan. Anda juga dapat menyaksikan betapa gagah Gunung Agung Bali tatkala berada di wisata Pura Batu Bolong.

Tertarik datang kemari? Selamat berlibur. Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang Wisata Pura Batu Bolong Di Pulau Lombok menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda para travelers sejati.

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

 

Bergabunglah dengan memberlist kami, untuk mendapatkan informasi travelling terupdate dan ulasan travelling langsung ke email anda

Terimakasih telah mendaftar melalui newsletter kami

About Silvi Halimah

monsterid
Travelholic and TravelBloger. Suka sharing dan kuliner unik di lokasi lokasi wisata. SocialMedia G+ endoser yang banyak mengupas tema wisata dan traveling. Hobi menulis, technoholic akan perkembangan mobile apps dan teknologi mobile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *