Home / Travel Tips / Gunung Rinjani, Destinasi Favorit dengan Pemandangan Alam Terindah di Lombok

Gunung Rinjani, Destinasi Favorit dengan Pemandangan Alam Terindah di Lombok

wisata-kawah-gunung-rinjani
source : trekkingrinjani.com

Gunung rinjani ini bertempat di Pulau Lombok bagian utara yang pastinya sudah taka sing lagi bagi masyarakat Indonesia. Ya, gunung rinjani memiliki ketinggian sekitar 3.700 mdpl, yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan jadi primadona wisata yang ada di Pulau Lombok.

Gunung rinjani memiliki sebuah pemanadngan alam yang sangat indah jika dibandingkan dengan guung lainnya yang masih ada dalam kawasan Indonesia, bahkan keindahan gunung rinjani disebut-sebut sebagai yang terindah tak hanya di Indonesia, tapi juga di Asia Tenggara. Sebab panorama alamnya yang indah tersebut menjadikan gunung rinjani jadi salah satu gunung favorit bagi para pendakian yang umumnya adalah pecinta alam, mahasiswa, penduduk lokal, hingga wisatawan luar negeri.

Daya tarik objek wisata gunung rinjani Lombok

Sunrise-di-puncak-Gunung-Rinjani-Lombok
source : initempatwisata.com

Bulan Juli dan Agustus adalah kedua waktu yang paling tepat, dan waktu dimana gunung rinjani paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Biasanya pendaki gunung rinjani bertujuan untuk bisa mencapai puncak dari gunung tersebut selain untuk menikmati panorama indahnya, juga untuk mendapatkan kepuasan tersendiri sebab sudah berhasil taklukkan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini.

Selain panorama alamnya yang tiada dua, gunung rinjani juga memiliki keunikan lainnya, yakni flora dan fauna yang sangat beragam. Pada saat mendaki gunung rinjani nantinya Anda akan dapat melihat betapa kayanya gunung tersebut, sebab di setiap 1.000 meter Anda akan dapat melihat jenis flora yang berebda-beda, contohnya saja pada ketinggian 2.000 meter ada banyak cemara gunung, dan di ketinggian 3.000 meter ada banyak sekali bunga edelweiss.

Sementara itu untuk fauna yang bisa Anda temukan di sini adalah lebih dari 100 jenis burung, minyet, landak, perak, rusa, minyet ekor panjang, dan lain sebagainya. Terkadang binatang yang berada di gunung rinjani, khususnya untuk monyet ekor panjang ini suka sekali berbuat nakal. Kenakalan monyetnya tersebut adalah masuk dalam tenda para pendaki dan mengambil beberapa makanan yang ada.

Suhu udara yang ada di gunung rinjani ini cukup dingin dengan suhu rata-rata sekitar 2 derajat celcius dan suhu yang paling dingin umumnya mencapai sekitar 10 derajat celcius, sehingga Anda harus membawa pakaian yang tebal dan juga jaket untuk bisa menghalau suhu dingin. Dibalik keindahannya, juga terdapat resiko yang bisa dibilang cukup tinggi dalam pendakian ke gunung rinjani, sebab gunug tersebut paling terkenal sekali menelan korban jiwa yang banyak, oleh sebab itulah, Anda harus lebih hati-hati saat lakukan pendakian.

Dikarenakan resikonya yang cukup tinggi, kami sarankan kepada Anda untuk bisa melakukan pendakian ke gunung rinjani dengan ditemani oleh pemandu agar tidak tersesat, umumnya ada banyak sekali paket tur gunung rinjani, sehingga Anda akan jadi lebih aman dari bahaya tersesat dengan mengikuti program tur tersebut. Selain hal tersebut, umumnya paket tur ini juga sediakan jasa pembawa barang dan meminjamkan alat-alat seperti alat memasak, tenda, dan lain sebagainya, sehingga Anda hanya perlu datang dengan membawa barang-barang pribadi. Selain hal tersebut umumnya untuk bisa mencapai puncak, para pendaki akan butuh waktu 2 malam untuk pendaki yang professional, dan 3 malam untuk pendaki pemula.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang gunung rinjani, destinasi favorit dengan pemandangan alam terindah di Lombok. Semoga bermanfaat.

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

 

Bergabunglah dengan memberlist kami, untuk mendapatkan informasi travelling terupdate dan ulasan travelling langsung ke email anda

Terimakasih telah mendaftar melalui newsletter kami

About Tiyo Avianto

monsterid
Kerja | Jalan - Jalan | Networking. Satu rangkaian yang tak terpisahkan. Yang awalnya gak suka travelling akhirnya demen dan doyan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *