Home / Wisata Negeri / Wisata Buatan / Belajar Sejarah Menyenangkan di Museum Tempo Doeloe Malang 

Belajar Sejarah Menyenangkan di Museum Tempo Doeloe Malang 

Wisata Museum Malang – Mungkin di benak anda, museum selalu tampak kuno dan memberikan suasana yang membosankan serta tidak menyenangkan. Di kota wisata Batu, anda akan disuguhkan dengan sebuah museum yang nuansanya sangat berbeda. Walaupun namanya museum tempo dulu, namun museum ini sangat berbeda dan terlihat sangat modern serta menarik. Kesan jadul dan horor yang sering kita temui di beberapa museum ternyata disini tidak tampak sama sekali. Itulah sebabnya mengapa museum ini kemudian ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin mengetahui banyak hal tentang sejarah masa lalu.

Museum Tempo Doeloe ini merupakan satu dari sekian museum baru yang ada di kota Malang. Museum ini lahir pada tahun 2012 lalu yang diresmikan oleh Dwi Cahyono. Lokasinya tepat berada di belakang balai kota Malang yang beralamat di Jalan Gajah Mada.

museum_malang_tempo_doeloe

Objek Wisata Museum Tempo Doeloe

Saat menjejakkan kaki di pintu museum, mungkin anda tidak akan pernah menyangka bahwa ini adalah sebuah Museum. Namun, hal berbeda akan anda temui di bagian dalam. Terdapat 20 ruangan dengan berbagai konsep yang akan mengajak anda kembali ke berbagai zaman dengan menyenangkan. Ruangan-ruangan tersebut diisi dengan berbagai benda benda peninggalan sejarah. Selain itu anda juga akan disajikan berbagai informasi mengenai asal usul tentang daerah-daerah yang ada di kota Malang dengan menggunakan multimedia.

Dari depan kita akan disuguhi dengan pemandangan 1,5 juta tahun yang lalu kemudian terus mendekat tahun 760 masehi dimana kita bisa menyaksikan masa kejayaan kerajaan Kanjuruhan, kemudian ada juga Kerajaan Singosari dan lain lain.

Ruangan ruangan tersebut dilengkapi dengan lukisan, miniatur, patung lilin, arca dan tampak terlihat sangat nyata.

Di ruangan-ruangan selanjutnya kita akan melewati berbagai perkembangan sejarah manusia mulai dari zaman dimana manusia mulai mengenal tembikar, kemudian zaman dimana alat alat yang terbuat dari besi ditemukan. Disini kita juga bisa menyaksikan alat-alat untuk membuat garis, alat untuk memasak pada zaman dahulu, dan masih banyak hal hal unik serta menarik lainnya.

Perjalanan diteruskan ke masa awal kedatangan tentara belanda di indonesia yang dibuat menyerupai sebuah ilustrasi dengan foto, lukisan dan juga patung lilin. Disini anda akan menyaksikan secara gamblang berbagai kejadian,  cerita sejarah yang mempengaruhi perkembangan kota Malang.

Lokasi Museum Tempoe Doeloe

museum_tempo_doeloe_1

Lokasi museum bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan umum seperti angkot, kendaraan pribadi maupun taksi. Dari kota Batu, lokasi museum hanya berjarak kurang dari 1 jam. Lokasi Museum Tempo Doeloe tepatnya berada di Jalan Gajah Mada No 2.

Akomodasi

Ada beberapa penginapan di kota Batu yang lokasinya cukup dekat dengan museum tempo dulu di antaranya adalah. Kartika wijaya Batu heritage hotel yang beralamat di Jalan Panglima Sudirman Nomor 127, Batu – Malang. Selain itu terdapat juga Royal Orchids Garden Hotel Condominiums yang beralamat di Jalan Indragiri 4, Batu, Malang.

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

 

Bergabunglah dengan memberlist kami, untuk mendapatkan informasi travelling terupdate dan ulasan travelling langsung ke email anda

Terimakasih telah mendaftar melalui newsletter kami

About Silvi Halimah

monsterid
Travelholic and TravelBloger. Suka sharing dan kuliner unik di lokasi lokasi wisata. SocialMedia G+ endoser yang banyak mengupas tema wisata dan traveling. Hobi menulis, technoholic akan perkembangan mobile apps dan teknologi mobile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *