Home / Event / Kontes Fotografi 2014

Kontes Fotografi 2014

kontes foto 1

Kontes Fotografi 2014 merupakan salah satu even tahunan yang diselenggarakan Bidang Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu. Even ini dilaksanakan pada  31 Mei 2014 di Gedung Ganesha, Jl. Kartini Batu. Latar belakang diadakannya even ini yaitu semakin berkembangnya potensi kreasi anak muda pada era saat ini. Selain itu juga sebagai media untuk mempromosikan potensi wisata di Kota Batu.

Lomba utama dalam acara ini adalah lomba fotografi tentang potensi wisata Kota Batu. Namun, selain lomba fotografi, dalam even ini dimeriahkan pula dengan lomba fashion, penampilan budaya bantengan, break dance, basar makanan local, dan basar pakaian.

Kontes Fotografi 2014 diikuti oleh 20 peserta dari Kota Batu dan sekitarnya. Penilian karya fotografi didasarkan pada unsur seni, kreatifitas, obyek foto yang berupa tempat-tempat wisata di Batu, serta teknik tampilan. Seminggu sebelum diumumkan, karya para peserta dinilai oleh juri, sehingga menghasilkan 3 karya foto terbaik. Tampil sebagai pemenang adalah Juara 1 diraih oleh Muhamad Iqbal yang mengangkat tema Raise “U’re Adrenalin” dengan objek permainan Roler Coster. Juara 2 diraih oleh Galang Anugrah dengan objek foto “Paralayang Malam Hari”, sedang juara 3 adalah Febri Christiawan melalui karya foto “Paralayang Siang Hari”.

Sementara itu, dalam kontes fashion, diikuti oleh 27 peserta dalam kategori umum mulai umur 15 tahun sampai dengan 23 tahun. Sebagai pemenang lomba adalah juara 1 digaet Deva Sanra Salsalala, juara 2 Diah Puspitasari sedang juara 3 direngkuh Zezya Yoevant.

Tak sekedar ajang kreasi dan pemerhati fotografi. Dunia wisata serta modeling, Lomba Fotografi dan Lomba Fashion 2014 ini mampu menumbuhkan ekonomi kreatif melalui penjualan berbagai produk lokal kepada para peserta kontes dan pegunjung. Bahkan berbagai potensi wisata lokal (“Kearifan Lokal”) seperti produk kripik apel, minuman sari apel, jenang apel, kaos label Kota Wisata Batu, sampai dengan keanekaragaman Destinasi Wisata Kota Batu, ditampilkan dalam kegiatan ini.

kontes foto 2

Kepala Dispartabud, Dra. Mistin M.Pd, menandaskan potensi wisata daerah atau kearifan lokal Kota Batu tak akan menjadi berarti bila tidak dimanfaatkan secara arif dan dipelihara untuk kesejahteraan masyarakat. Paling tidak keindahan panorama pegunungan dan kekayaan budaya masyarakat dapat menunjang peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Oleh karenanya, emerintah Kota Batu mengabadikannya dalam bentuk karya fotografi dan mempromosikannya melalui even lomba fotografi seperti ini.

Dari keseluruhan potensi wisata Kota Batu di dalam berbagai kaya foto yang ditampilkan, menunjukkan bahwa betapa mempesonanya Kota Wisata Batu dan tentu kian melambung potensi itu seiring even lomba Fotografi 2014. Keindahan panorama alam, keberagaman budaya dan modernitas wisata buatan (artificial) Kota Batu yang dipamerkan dalam acara Kontes Fotografi 2014  menjadi daya tarik wisatawan domestic dan luar negeri. Bahkan semakin meningkatnya arus kunjungan wisatawan menjadi stimulus pergerakan ekonomi masyarakat di pusat destinasi wisata di Jawa Timur

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

 

Bergabunglah dengan memberlist kami, untuk mendapatkan informasi travelling terupdate dan ulasan travelling langsung ke email anda

Terimakasih telah mendaftar melalui newsletter kami

About Norman Lim

monsterid
Writing a book is a horrible, exhausting struggle, like a long bout of some painful illness. One would never undertake such a thing if one were not driven on by some demon whom one can neither resist nor understand. It ain’t whatcha write, it’s the way atcha write it.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *