Home / Profile / Eksotika Kota Wisata Batu

Eksotika Kota Wisata Batu

loginlogo

Kota Batu terbentuk pada tahun 2001 sebagai pemekaran dari Kabupaten Malang dengan dasar hukum UU No. 11/2001 pada tanggal 21 Juni 2001. Sebelumnya wilayah Kota Batu merupakan bagian dari Sub Satuan Wilayah Pengembangan 1 (SSWP 1) Malang Utara. Secara astronomis Kota Batu terletak pada posisi 112°17’10,90″ – 122°57’11″ Bujur Timur dan 7°44’55,11″ – 8°26’35,45 Lintang Selatan. Kota Batu terletak pada ketinggian rata-rata 871 m di atas permukaan laut. Kota Batu dikelilingi beberapa gunung, di antaranya Gunung Anjasmoro (2277 m), Gunung Arjuno (3339 m), Gunung Banyak, Gunung Kawi (2651 m), Gunung Panderman (2040 m), Gunung Welirang (2156 m). Sebagai wilayah pegunungan yang wilayahnya subur, Batu dan sekitarnya juga memiliki Panorama Alam yang indah dan berudara sejuk, tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat lain untuk mengunjungi dan menikmati Batu sebagai kawasan pegunungan yang mempunyai daya tarik tersendiri. Untuk itulah di awal abad 19 Batu berkembang menjadi daerah tujuan wisata, khususnya orang-orang Belanda, sehingga orang-orang Belanda itupun membangun tempat-tempat Peristirahatan (Villa) bahkan bermukim di Batu (Ciptakarya.com ,2014). Hal ini semakin diperkuat setelah pemerintah kota Batu dengan gencar mencanangkan kota Batu sebagai kota pariwisata. Beberapa destinasi wisata yang sudah terkenal di Kota Batu antara lain Kusuma Agrowisata, Taman Hutan Rakyat R. Soerjo, Pemandian air panas Cangar, Gunung Panderman (Camping Grown dan Pendakian), Jatim Park 1, Museum Satwa dan Batu Secret Zoo (Jatim Park 2), Batu Night Spectacular, Batu Wonderland, Eco Green Park, Museum Angkut, Kusuma Waterpark dan masih banyak yang lainya. Selain destinasi wisata diatas, desa-desa di Kota Batu juga memiliki potensi wisata yang dikembangkan oleh pemerintah kota Batu seperti Desa Tlekung, Desa Sumbergondo, Desa Oro-Oro Ombo, Desa Torongrejo, Desa Punten, Desa Sumberejo, Desa Gunungsari, Desa Sidomulyo, dan Desa Pendem (Brosur Kota Wisata Batu). 

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

Kamu Juga Bisa Jadi Traveller Mancanegara

 

Bergabunglah dengan memberlist kami, untuk mendapatkan informasi travelling terupdate dan ulasan travelling langsung ke email anda

Terimakasih telah mendaftar melalui newsletter kami

About Norman Lim

monsterid
Writing a book is a horrible, exhausting struggle, like a long bout of some painful illness. One would never undertake such a thing if one were not driven on by some demon whom one can neither resist nor understand. It ain’t whatcha write, it’s the way atcha write it.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *